DIFOSS > Training Online > Training SETIADI > Pelatihan Difoss bersama Kementerian Sosial Republik Indonesia
  • setiadi_foss
  • Education, Training Online, Training SETIADI, Training SETIADI
  • No Comments

Pelatihan Difoss bersama Kementerian Sosial Republik Indonesia

Pada bulan Juni 2021 Tim Pengembang SETIADI mendapat undangan untuk memberikan pelatihan Repositori kepada para pustakawan dilingkungan Pusdiklat Kementerian Sosial Republik Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar pengembangan perpustakaan digital dalam bentuk repositori bisa ter-diseminasi-kan dengan baik melalui sebuah aplikasi repositori. Dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi komunikasi virtual, pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 28 dan 29 Juni 2021 dan diikuti oleh 40 peserta (pustakawan) dari berbagai satuan kerja/unit/balai dibawah naungan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Berikut adalah ringkasan pelatihan yang telah dilaksanakan:

Pelatihan Hari Pertama

Dilaksanakan pada hari Senin / 28 Juni 2021. Dimulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Materi pertama disampaikan oleh Dwi Fajar Saputra selaku Product Manager and System Analyst DIFOSS. Pada materi pertama ini dibahas prinsip dasar sebuah repositori mulai dari tujuan, dasar hukum, kegunaan, perbandingan setiap aplikasi, sampai pada jenis-jenis aplikasi repositori yang umum digunakan.

Materi kedua disampaikan oleh Yusac Firmansyah selaku Documentation and Quality Control DIFOSS. Pada materi kedua ini disampaikan tentang persiapan infrastruktur yang diperlukan dalam membuat sebuah repositori. Peserta juga diajak mencoba beberapa aplikasi repositori agar bisa membandingkan aplikasi repositori mana yang cocok untuk kebutuhan instansi/satuan kerja-nya masing-masing.

Pelatihan Hari Kedua

Dilaksanakan pada hari Selasa / 28 Juni 2021. Dimulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Materi pertama disampaikan kembali oleh Dwi Fajar Saputra selaku Product Manager and System Analyst DIFOSS. Pada materi pertama ini peserta dikenalkan dengan salah satu aplikasi repositori bernama E-Prints. Untuk mengenal E-Prints lebih dekat, dilakukan juga tutorial tahapan entri data menggunakan aplikasi E-Prints ini. Peserta juga dipandu dalam melakukan entri data kedalam ruas bibliografi E-Prints pada server yang sudah tersedia secara online. Diakhir sesi ini disampaikan juga cara integrasi aplikasi kedalam portal Indonesia One Search. Hal ini dilakukan agar sumber pustaka elektronik yang dimiliki bisa ditemukan didalam pencarian portal IoS.

Materi kedua disampaikan oleh Iman Jauhari selaku Web and Documentation DIFOSS. Pada materi kedua ini peserta dikenalkan dengan aplikasi repositori lain bernama DIFOSS. Selain pengenalan tentang fitur, peserta juga diberiĀ  kesempatan mencoba aplikasi ini pada server yang sudah tersedia secara online. Disampaikan juga tutorial tahapan entri data kedalam DIFOSS ini, untuk kemudian para peserta ikut melakukan input ETD kedalam DIFOSS secara mandiri.

Setelah kegiatan 2 hari ini selesai dilaksanakan, Tim Pengembang DIFOSS tetap melakukan pendampingan kepada para peserta dalam implementasi repositori di instansi/satuan kerjanya masing-masing.

SETIADI is an open source library management system software licensed under GPL v3. This App build from SLiMS (Senayan Library Management System). This application aims to manage Institutional Repositories such as Thesis and Dissertation.

EASY TO USE
FRIENDLY AND RESPONSIVE COMMUNITY
INNOVATION
CONTINUOUS IMPROVEMENT

DIFOSS IS FREE OPEN SOURCE SOFTWARE SUPPORTED BY A COMMITTED COMMUNITY OF MULTIDISCIPLINARY INSTITUTIONS

Watch our video
Author: setiadi_foss

Leave a Reply

Need Help? Chat with us