• setiadi_foss
  • Education, SETIADI Bootcamp, Training Online, Training SETIADI
  • No Comments

Pada bulan Juni 2021 Tim Pengembang SETIADI telah melaksanakan pelatihan SIAP MEMBANGUN REPOSITORI INSTITUSI SECARA MANDIRI yang diikuti oleh 31 peserta dari berbagai wilayah dan institusi di Indonesia. Dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi komunikasi virtual, pelatihan ini dilaksanakan selama 4 sesi. Dilakukan setiap hari Sabtu, yaitu:

  • 5 Juni 2021,
  • 12 Juni 2021,
  • 19 Juni 2021 dan
  • 26 Juni 2021.

Pada kesempatan kali ini juga disampaikan perubahan nama dari SETIADI menjadi DIFOSS yang merupakan akronim dari SETIADI is FOSS (Friendly Open Source System).

Berikut adalah ringkasan dari setiap sesi yang telah dilaksanakan:

Sesi-1-Dwi-Fajar-Saputra

SESI 1 - Tata Kelola Server

Dilaksanakan pada hari Sabtu / 5 Juni 2021. Dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. Materi disampaikan oleh Dwi Fajar Saputra selaku Product Manager and System Analyst DIFOSS.

Pada sesi pertama ini peserta mempelajari tentang tata kelola server. Memahami cara kerja Web Server, Mail Server, FTP, DNS, dsb. Peserta juga belajar jenis-jenis control panel serta cara memasang control panel tersebut pada sebuah server. Ini adalah tahap awal untuk mempersiapkan server bagi aplikasi dan memahami cara kerja dari server yang digunakan.

Sesi-2-Iman-Jauhari

SESI 2 - Instalasi, Konfigurasi dan Panduan Input Difoss

Dilaksanakan pada hari Sabtu / 12 Juni 2021. Dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. Materi disampaikan oleh Iman Jauhari selaku Web and Documentation DIFOSS.

Pada sesi kedua ini para peserta belajar cara instal Difoss di server, kemudian konfigurasi yang dilakukan setelah Difoss berhasil terpasang di server. Dan terakhir, peserta mempelajari tahap input ETD pada Difoss.

Sesi 3 - M. Jerry Permana

SESI 3 - Custom and Plugins Difoss

Dilaksanakan pada hari Sabtu / 19 Juni 2021. Dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. Materi disampaikan oleh M. Jerry Permana selaku Programmer DIFOSS.

Pada sesi ketiga ini para peserta belajar cara menambahkan sebuah plugin. Plugin ini berfungsi untuk menambahkan field/ruas baru pada bibliografi ETD yang belum tersedia secara default di sistem.

Sesi 4 - Yusac Firmansyah

SESI 4 - FITUR UPDATE DIFOSS

Dilaksanakan pada hari Sabtu / 26 Juni 2021. Dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. Materi disampaikan oleh Yusac Firmansyah selaku Documentation and Quality Control DIFOSS.

Pada sesi keempat ini peserta belajar memaksimalkan fitur-fitur yang terdapat pada DIFOSS. Mulai dari pemanfaatan plugin ORCID, Penambahan metadata dari source crossref & EuropePMC (Import XML), Pengenalan API yang tersedia pada DIFOSS serta contoh penerapan API DIFOSS pada sebuah aplikasi lain.

DIFOSS is an open source library management system software licensed under GPL v3. This App build from SLiMS (Senayan Library Management System). This application aims to manage Institutional Repositories such as Thesis and Dissertation.

EASY To Use
FRIENDLY AND RESPONSIVE COMMUNITY
INNOVATION
CONTINUOUS IMPROVEMENT

DIFOSS is Free Open Source Software supported by a committed community of multidisciplinary institutions.

Watch our video
Author: setiadi_foss

Leave a Reply

Need Help? Chat with us